Sign in

Pahami Ini Sebelum Memutuskan Jurusan dan Kampusmu!

Mencari kampus yang lebih baik di masa-masa akhir SMA adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipikirkan di samping menyiapkan diri untuk Ujian Nasional (UN) dan ujian seleksi memasuki perguruan tinggi. Memilih jurusan kuliah serta daftar kuliah online yang dituju memerlukan pertimbangan yang matang dan harus dipikirkan sebaik-baiknya.

Karena kamu tentu tidak ingin cari kampus yang tidak sesuai dengan minat kamu apalagi daftar kuliah online yang tidak pernah terdengar namanya. Hal tersebut akan berdampak besar dengan karir yang kamu miliki di masa depan karena pada umumnya setelah kamu lulus kuliah hal pertama yang diperhatikan adalah almamater kampus asal mu.

Sebelum menentukan cari kampus mana dan jurusan apa yang ingin kamu pilih setelah lulus SMA, ada beberapa cara yang sebaiknya kamu perhatikan di bawah ini untuk membantu kamu dalam daftar kuliah online serta jurusannya.

Kenali minat dan passion mu
Mayoritas calon mahasiswa perguruan tinggi hanya memilih jurusan kuliah karena hanya ikut-ikutan teman dekatnya atau karena masih kebingungan akan jurusan yang diminati. Daripada ikut-ikutan teman, ada baiknya kamu mengenali lebih dalam tentang diri sendiri, menggali apa yang disukai dan diminati dan mencari tau kira-kira jurusan apa yang mendekati minat serta passion kamu agar nantinya sejalan dengan ilmu yang ingin kamu pelajari dan kembangkan.

Seperti contoh, jika kamu memiliki kepribadian yang outgoing, senang bertemu dengan orang banyak, dan senang menulis, mungkin kamu akan cocok di jurusan Jurnalistik atau Hubungan Masyarakat yang pada beberapa kampus dinaungi oleh Fakultas Ilmu Komunikasi atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dan jika kamu memiliki minat di bidang teknologi, kamu bisa memilih jurusan Teknologi Informasi atau jurusan lainnya yang memiliki kaitan di bidang teknologi. Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan-jurusan perkuliahan yang ada dan cocokkan dengan minat atau passion mu.

Riset mendalam tentang universitas impian atau kampus tujuan
Sehabis menentukan dan memilih jurusan yang diinginkan, gali info tentang universitas atau kampus mana yang memiliki penjurusan ilmu tersebut. Atau kamu bisa memilih universitas impian mu terlebih dahulu berdasarkan akreditas perguruan tinggi tersebut.

Misalnya kampus tujuan kamu adalah kampus yang termasuk ke dalam kategori 5 terbaik se-Indonesia, tidak ada salahnya kamu menargetkan untuk memilih kampus tersebut lalu mengenali jurusan apa saja yang ada di dalamnya baru memilih jurusan yang sekiranya kamu minati atau ingin dalami.

Kunci terpentingnya adalah kamu harus rajin-rajin melakukan riset mengenai universitas tersebut dan bagaimana perkembangan terakhir dari universitas tersebut. Mulai dari jurusan serta fakultas yang ada, fasilitas yang disediakan, lokasi, biaya kuliah, alumni lulusan, serta biaya rata-rata yang dikeluarkan mahasiswa di kampus tersebut.

Baca juga : Ini Dia 5 Perbedaan anak 90an dan Generasi Milenial di Kampus!

Membuat perbandingan dari universitas-universitas yang ada
Biasanya dalam memilih universitas tujuan, kamu tidak hanya memilih satu universitas saja melainkan menyiapkan 2 pilihan alternatif universitas lainnya. Eits, cadangan bukan selalu berarti pilihan terakhir ya. Menyiapkan pilihan dan perbandingan lain berarti kamu menggali lebih dalam mengenai daya tampun mahasiswa baru dari kampus tersebut dan juga kuota dari jurusan yang kamu pilih.

Jika kampus pilihan pertama mu memiliki kuota penerimaan lebih sedikit dibandingkan kampus pilihan kedua mu, ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali untuk memilih kampus tersebut sesuai dengan nilai uji coba passing grade mu. Tidak hanya dari segi itu, kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan dan membandingkan biaya kuliah dari masing-masing kampus pilihan.

Bicarakan dengan orangtua perihal lokasi kampus yang dituju serta biaya yang akan dikeluarkan
Hal krusial lainnya dalam memilih universitas yang dituju adalah membicarakan pilihan mu tersebut ke orangtua. Karena seringkali pula apa yang kita inginkan dengan apa yang orangtua harapkan.

kamu bisa kunjungi juga artikel terbaru tentang pendidikan

just a girl with some broken minds

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store