Syarat Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Tahun 2021

Bagi mahasiswa dengan biaya terbatas, beasiswa memang menjadi kunci dan jalan utama. Mahasiswa berprestasi dapat meraih harapan melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan memperjuangkan beasiswa unggulan, terutama mahasiswa S1 dan S2.

Nah, buat Anda para pelajar tidak perlu lagi khawatir dengan peluang mendapatkan beasiswa. Setiap tahun ada banyak kesempatan untuk memberikan info beasiswa sarjana atau pascasarjana bagi mereka yang ingin belajar sarjana dan pascasarjana di luar negeri. Kuncinya adalah menemukan informasi sebanyak mungkin.

Di negara maju seperti Australia, Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, atau Selandia Baru, pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia dapat bersaing untuk mendapatkan beasiswa tertinggi setiap tahunnya. Biasanya beasiswa ini diberikan oleh lembaga pendidikan, lembaga yayasan internasional atau langsung dari pemerintah terkait.

Beasiswa datang dalam berbagai bentuk dan jumlah. Ada beasiswa penuh yang bisa menutupi semua biaya, dan ada yang disebut beasiswa penuh yang bisa menutupi semua biaya. Pada saat yang sama, sebagian beasiswa dapat menutupi sebagian dana, tetapi tidak semua dana yang dibutuhkan selama masa penelitian. Misalnya, sebagian beasiswa hanya dapat digunakan selama satu tahun, sementara sebagian beasiswa masih berlaku sebelum rencana pendidikan diselesaikan.

Kunjungi juga : Kumpulan artikel pendidikan terbaru

Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Beasiswa Universitas Luar Negeri

Lembaga pendidikan asing biasanya memberikan kesempatan info beasiswa parsial untuk siswa berbakat. Selain itu, tidak jarang institusi pendidikan yang menjadi target menawarkan beasiswa dalam bentuk potongan harga atau potongan biaya sekolah saat siswa memulai studi.

Institusi pendidikan tinggi secara rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional dari universitas ternama di dunia seperti ANU (Australia), University of Birmingham (UK), University of Kansas (USA), University of Otago (New Zealand) atau Carleton University (Canada). Bentuknya bermacam-macam, dari beasiswa penuh, beasiswa parsial, potongan harga atau pembebasan biaya kuliah.

Beasiswa Dari Pemerintah

Umumnya, beasiswa dari pemerintah asing, seperti Australian Award, Fulbright American Award, British Chefene Award, New Zealand-ASEAN Scholars Award, atau Canadian Federal Scholarship Program, adalah beasiswa yang mencakup semua biaya atau beasiswa penuh.

Kesempatan mendapatkan beasiswa dan belajar di luar negeri merupakan peluang yang sangat berharga. Hanya siswa berprestasi dan kompetitif yang bisa mendapatkan kesempatan ini. Namun terkadang keberuntungan juga menjadi faktor utama. Carilah informasi sebanyak mungkin dari berbagai penyedia beasiswa. Pelajari dan lengkapi semua syarat dan ketentuan. Diharapkan akan tersedia waktu yang cukup untuk semua persiapan yang diperlukan. Cek jadwal pengiriman beasiswa, tanggal mulai akademik dan tanggal penting lainnya dalam proses seleksi beasiswa. Akhirnya, berdoalah dan semoga sukses!

baca juga : program beasiswa kuliah di luar negeri tahun 2021

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store